Jadikan artikel yang Anda posting merupakan jawaban atas permasalahan

Apakah data Anda di Bank sesuai dengan KTP?

bank
Ass. Rekan Blogger Yang Terhormat. 

Tempo hari saya melakukan transaksi Bank melalui applikasi Android Samsung tab yaitu transfer antar Bank. Kemudian saya menelpon penerima transfer ternyata belum masuk. Lalu saya menelpon ke cs Bank Mandiri dengan jawaban yang cukup memuaskan ternyata saya melakukan transaksi transfer dengan menu Kliring bukan menu Online. Disana (cs) menjelaskan bahwa transaksi dengan Kliring dan online berbeda.

Kliring hanya diproses minimal 3 hari kerja jadi saya harus menunggu 3 hari kerja untuk menyelesaikan transaksi saya.

Online dapat diproses seketika itu juga tanpa mengenal hari kerja (24 jam) kebetulan transaksinya hari sabtu. Niatnya mau cepet malah jadinya lambat.

Seperti biasa ketika kita melakukan panggilan ke Cs Bank, biasanya meminta data diri mulai dari nama, alamat, dan tanggal lahir. Ketika saya menyebutkan tahun lahir terjadi suatu perbedaan dengan KTP saya dengan data di Bank lalu disarankan untuk datang langsung ke kantor Bank untuk melakukan penyamaan atau perubahan data Bank.

Pada hari kerja saya pun langsung ke kantor Bank untuk melakukan klarifikasi data, seperti biasa dengan modal kartu antrian yang cukup lama, saya pun berhadapan dengan Cs. Menyampaikan keluhan dengan permohonan perubahan data. Pelayanan yang cukup ramah dengan dibongkarnya seluruh arsif data ketika pertama kali mendaftar menjadi nasabah jika tidak salah ingat tanggal 21-4-2010. 

Kemudian saya mencoba mengingat, data KTP saya pada zaman itu. Ternyata kesalahan ada pada  KTP, waktu itu terjadi kesalahan tanggal dan tahun lahir. Saya tidak menyalahkan siapa-siapa yang jelas waktu itu saya melakukan pengurusan KTP sesuai ketentuan mulai dari RT sampai dengan kantor kecamatan dengan mengisi data valid yang saya miliki. Saya tidak pernah berniat untuk memanipulasi data saya apalagi menyangkut Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kembali ke topik tentang perubahan data di bank. Lanjut cerita saya pun mengajukan permohonan perubahan data dengan menggunakan KTP baru, tetapi saat itu belum bisa untuk diproses permohonan saya karena saya tidak membawa persyaratan penting yaitu Buku Tabungan sehingga dimohon untuk datang esok harinya.

Lalu saya mencoba konsultasi tentang membuka rekening baru, karena awalnya memang niatnya juga buka buku tabungan baru dengan cara yang saya rencanakan yaitu membuka tabungan baru buat sang istri dengan saldo awal diambil dari rekening lama ( yang bermasalah ini). Apakah bisa? jawabannya bisa tetapi perubahan data pada rekening lama harus di clearkan terlebih dahulu kemudian permohonan  buka  Buku tabungan baru diproses.

sekedar penekanan supaya kelalaian dan kesalahan yang saya perbuat tidak terulang bagi rekan :
  1. Ketika hendak ke bank, sebaiknya atau seharusnya melengkapi berkas yang diperlukan seperti : KTP, SIM, Buku Tabungan, dan Kartu ATM.
  2. Jangan sampai lupa dengan data diri anda sendiri seperti tempat dan tanggal lahir, nama orang tua serta pin ( bukan pin BB tapi pin Kartu ATM-nya)
  3. Datang lebih awal biar antriannya tidak terlalu lama, dan jika bisa hindari datang ke cs pada saat jam istirahat sekitar pukul 12.00 sd 14.00 karena pada jam itu karyawan melaksanakan istrahat secara bergantian ( namanya juga manusia perlu makan, sholat etc)
Demikian, mohon maaf jika ada kata yang tidak berkenan. Jika ada kesalahan kata dan fakta yang berbeda mohon koreksinya. 
Semoga bermanfaat. Wassalam.

2 komentar:

  1. Untuk pengurusan perubahan data apakah harus di kntor bank tempat kita membuka rekening dulu?

    BalasHapus
  2. Apakah pengurusan perubahan data harus dilakukan di kntor bank tempat kita membuka rekening dulu?

    BalasHapus

SARA, Pornografi dan Promo Online akan kami hapus.Terimakasih.